Simpan 5 Bahan Makanan Beku Ini Untuk Stok Puasa

Tidak sempat masak sahur di awal puasa. Ragam makanan beku ini bisa jadi pilihan. Cukup dikeluarkan dari freezer dan digoreng. Enak disantap pakai nasi hangat.

Belum terbiasa bangun tengah malam. Banyak orang yang mencari makanan praktis, khususnya saat sahur. Anda bisa memanfaatkan bahan makanan beku untuk sahur. Bisa ayam ungkep, nugget, bakso hingga sosis.

Sebelum membeli, cobalah cek tanggal kedaluwarsa-nya supaya lebih aman. Bungkus dengan rapih dan simpan dalam freezer sebagai stok.

Nugget salah satu bahan makanan yang bisa untuk stok puasa




Berikut ini beberapa makanan beku yang dapat disimpan untuk digunakan sebagai sajian sahur yang praktis saat sarapan.

1. Ayam ungkep
Beberapa hari sebelumnya, Anda bisa membeli ayam mentah dan kemudian diungkep dengan bumbu kuning. Bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, serai hingga lengkuas. Masak sampai airnya sedikit dan bumbunya meresap.

Ayam ungkep ini bisa disimpan dalam freezer dan tahan sampai seminggu. Ayam ungkep bisa jadi stok sahur yang enak disantap dengan nasi dan juga sambal. Supaya lebih sehat, bisa menyantapnya dengan lalapan sayur mentah berupa mentimun dan selada. Nyam!

2. Sosis
Daging olahan berbentuk panjang ini juga tergolong makanan beku yang banyak difavoritkan orang. Sosis bisa disimpan untuk stok puasa. Sosis pun cocok diolah dengan nasi goreng atau nasi liwet. Supaya proteinnya bertambah, bisa juga dicampur dengan tumisan sayur atau olahan telur seperti orak-arik telur dan sosis. Santap dengan nasi atau kentang, enak!

3. Nugget
Chicken nugget sering kali jadi penolong saat tak memasak di rumah. Olahan ayam beku ini bisa digoreng atau dicampur dengan bumbu sesuai selera. Kalau mau praktis, nugget juga enak dimakan dengan nasi hangat. Belilah nugget dengan merek yang Anda suka, simpan dalam freezer.

Nugget ini bisa bertahan lama. Nugget yang renyah dan hangat enak dinikmati bersama dengan cocolan saus mayonnaise, saus sambal atau pun sambal.

4. Bakso
Bakso bisa dipakai untuk tambahan sup, olahan nasi atau tumisan. Kalau membeli bakso di pasar kenali ciri-cirinya. Pilih bakso bentuk bulat halus, ukuran seragam, bersih, tidak kusam, tidak berjamur atau berlendir. Cari juga bakso berwarna cokelat mudah cerah atau sedikit kemerahan dan warnanya merata. Tidak ada bau aneh seperti tengik, asam, basi atau busuk.

Bakso juga bisa jadi campuran mie atau nasi goreng. Praktis dan enak jadi penolong disaat sahur sudah mepet.

5. Otak-otak
Otak-otak yang dibuat dari ikan tenggiri juga bisa jadi pilihan. Otak-otak bisa digoreng atau dicampurkan dengan mie. Selain itu bisa juga dijadikan sebagai campuran tumisan sayur dan cocok dipadu dengan nasi.
Share:

0 komentar:

Post a Comment